Apa yang harus di siapkan orang tua demi masa depan anak ?

mendidik anak - Cerdas finansial atau kapabilitas mengelola keuangan sangatlah perlu untuk dikuasai. Tetapi, cerdas finansial baiknya bukan hanya dipahami oleh orang dewasa saja, namun anak-anak juga perlu di beri tahu bagaimana mengelola keuangan mereka dengan baik serta benar.

f:id:ainunmahya271:20171026072058j:plain

f:id:ainunmahya271:20171026072058j:plain

Direktur manajemen dari satu website pembanding product keuangan populer Indonesia, Jay Broekman, menerangkan kalau kuasai manajemen keuangan adalah investasi bernilai untuk anak-anak untuk hidup mandiri saat mereka telah tumbuh dewasa nantinya.

Pada saat yang sama Broekman juga menyebutkan, " Orang-tua baiknya bukan sekedar mengajarkan pada anak mengenai teori semata. Teori ekonomi dapat dipelajari di sekolah, namun dalam praktiknya orang-tua butuh ikut serta dengan segera tunjukkan pada anak-anak bagaimana manajemen keuangan yang baik mesti digerakkan. "

Cuma saja, cara yang dipakai untuk mengajarkan rencana kelola keuangan pada anak begitu berlainan dengan apa yang diaplikasikan pada seorang dewasa. Orang-tua butuh mencari beberapa cara paling simpel serta mengasyikkan, hingga diinginkan anak-anak dapat menyerap serta mengertinya dengan baik.

Terdapat beberapa cara yang dapat orang-tua pakai untuk mengajarkan cerdas finansial pada anak. Tersebut cara-cara yang dapat dipakai :

1. Sampaikan pada anak faedah menabung

Anak-anak butuh mengerti kalau untuk menjangkau keberhasilan usaha keras saja tidak cukup. Di samping usaha keras, menyisihkan beberapa dari pendapatan untuk ditabung yaitu cara terbaik supaya apa yang sudah dikerjakan betul-betul membawa hasil. Anak-anak harus juga dapat berfikir jauh ke depan, kalau masa depan mereka begitu tergantung bagaimana kekuatan mereka mengelola keuangan dari mulai sekarang ini.

2. Sampaikan pada anak apakah itu taraf prioritas

Supaya tidak tumbuh jadi pribadi manja, anak-anak butuh di beri pengertian kalau tidak semuanya hasrat mereka mesti dituruti. Orang-tua butuh mengajarkan pada anak-anak kalau lebih memprioritaskan hasrat pribadi diatas keperluan menekan bisa meletakkan mereka pada beberapa kondisi susah. Karenanya, saat anak-anak menginginkan lakukan suatu hal, orang-tua butuh memberi pendapat pembanding agar anak-anak dapat lihat resiko yang juga akan mereka hadapi bila cuma menuruti hasrat hatinya.

3. Sampaikan pada anak apakah itu kesabaran

Jadi orang yang pintar mengelola keuangan tidak semudah membalik telapak tangan. Oleh karenanya, semuanya point yang sudah diterangkan diatas juga akan percuma bila anak-anak tidak sempat dididik untuk berlaku sabar. Kesabaran yaitu kunci paling utama untuk mencapai kesuksesan, lewat kesabaran diinginkan anak-anak dapat lebih bijaksana dalam mengatur keuangannya.